fbpx

recently added items

x

Kemarin, 19 September 2019 Bali baru saja diguncang Gempa berkekuatan 6 Skala Richter. Gempa ini berpusat di Tuban, Jawa Timur tapi getarannya terasa sampai pulau Bali.

Sebagai negara yang dilewati “ring of fire” Indonesia, khususnya Bali memang sangat rawan terkena gempa. Tapi, kamu justru tidak boleh takut! Takut dan panik justru menambah resiko korban jiwa.

Sebaliknya, lakukan hal-hal berikut ini saat terjadi gempa agar kamu tetap aman!

Di Dalam Bangunan

Lokasi yang berbeda tentu membutuhkan tindakan yang berbeda juga, lakukan hal-hal ini saat terjadi gempa bumi, terlebih apabila kamu berada di dalam gedung:

  • Sembunyi di bawah perabotan rumah seperti meja. Berlindung di bawah meja dapat melindungi kamu dari reruntuhan bangunan. Lakukan hal ini hingga gempa berhenti dan tidak ada reruntuhan yang jatuh.
  • Pastikan kamu berada jauh dari kaca, lemari, pintu, dinding pembatas ruang, atau lampu gantung. Benda-benda berikut ini sangat rawan runtuh dan membahayakan dirimu.
  • Apabila kamu kebetulan berada di tempat tidur saat terjadi gempa bumi. Lindungi wajah dan kepala kamu dengan bantal dan tunggu hingga getaran gempa selesai.
  • Jangan panik dan berdesakan untuk keluar dari bangunan ketika gempa bumi terjadi. Meski menyeramkan, riset membuktikan bahwa kebanyakan korban gempa justru terjadi pada saat berdesakan keluar gedung dan berlarian karena panik.
  • Intinya, kamu sebaiknya tetap berlindung di dalam gedung dan menunggu hingga getaran gempa telah berhenti. Saat kamu sudah yakin bahwa getaran gempa sudah berhenti, keluarlah dari gedung dengan tenang, dan jangan menggunakan lift.
  • Sesampainya diluar, carilah tanah yang lapang dan jauh dari lereng curam untuk berlindung.

Di Luar Bangunan

Berada di luar bangunan saat terjadi gempa bumi memang terdengar lebih safe daripada berada di dalam bangunan. Tapi, berada di luar bukan berarti kamu sepenuhnya aman dari resiko gempa. Lakukan hal-hal berikut ini saat terjadi gempa agar kamu tetap aman:

  • Meski sudah berada di luar ruangan, kamu sebaiknya tetap diam dan melindungi wajah dan kepalamu saat terjadi gempa.
  • Kemudian carilah tanah yang lapang dan pastikan kamu jauh dari bangunan, lampu jalan, kabel listrik/telpon yang sangat mungkin ambruk.
  • Saat terjadi gempa, lereng-lereng curam sangat mungkin longsor. Maka dari itu, pastikan kamu tidak berlindung di tanah lapang yang berada di lereng.
  • Terakhir, jangan berkumpul atau berdiam di dekat pintu keluar gedung atau bangunan. Selain resiko terkena reruntuhan, kamu dapat menghambat jalur evakuasi orang-orang yang berada di dalam gedung saat terjadi gempa.

Di Dalam Kendaraan Yang Bergerak

Gempa bumi memang bisa terjadi kapan saja, dan tidak menutup kemungkinan kamu sedang berada di dalam kendaraan saat gempa terjadi. Lakukan hal ini apabila kamu sedang di dalam mobil saat terjadi gempa:

  • Kurangi kecepatan dan segera mencari tempat untuk berhenti. Namun, pastikan kamu melakukan hal ini setelah memastikan kondisi sudah aman untuk menghindari terjadi tabrakan karena berhenti mendadak.
  • Jangan berhenti di dekat bangunan, pohon, tiang listrik atau struktur besar lainnya yang sangat mungkin ambruk saat terjadi gempa.
  • Setelah getaran gempa berhenti, silahkan lanjutkan perjalananmu dengan perlahan. Tetapi, hindari melewati jembatan atau jalanan rusak akibat terjadi gempa.

Terjebak Di Reruntuhan Saat / Sesudah Terjadi Gempa

Memang, hal terbaik yang dilakukan saat terjadi gempa adalah dengan menghindari bangunan / reruntuhan. Tetapi, lakukan hal ini apabila kamu sudah terlanjur terjebak diantara reruntuhan saat terjadi gempa atau sesudahnya:

  • Pertama. Tenang, tunggu, dan jangan melakukan gerakan yang tidak perlu. Terjebak diantara reruntuhan pasti mengerikan, tapi panik dan bergerak tidak karuan justru dapat semakin membahayakan dirimu.
  • Tetap tenang dan tunggu hingga getaran gempa selesai dan tim penyelamat datang.
  • Ketika getaran gempa sudah usai, kamu boleh mengetuk reruntuhan atau bersiul untuk mempermudah tim penyelamat menemukan kamu diantara reruntuhan gempa.
  • Jangan berteriak! Berteriak justru dapat membuat debu-debu reruntuhan masuk ke saluran pernafasan dalam jumlah besar dan semakin membahayakan dirimu.

Nah, beberapa hal diatas adalah hal-hal yang harus kamu lakukan saat terjadi gempa bumi. Yuk, tingkatkan kesadaran akan bencana agar kita semakin paham dan mengurangi jumlah korban akibat bencana alam!

Leave a Reply

TOP

X