fbpx

recently added items

x
Taman Air Bali Lokasi di Mana

Kamu suka liburan ke Bali? Senang wisata sejarah atau air. Yakin deh! Ketika kamu menginjakkan kaki ke objek wisata yang satu ini, kamu akan berdecak kagum melihat keindahan alamnya. Pemandangannya sangat indah, bernuansa pedesaan, terdengar suara debit air, terdapat kolam ikan yang membuat kamu nyaman dan tenang saat berkunjung. Objek wisata ini bernama taman air Tirta Gangga. Taman air yang terkenal hingga mancanerga, tak heran bila taman ini sering dikunjungi wisatawan luar.

Terletak di Desa Ababi, kecamatan Abang, Karangasem, berada di Timur Pulau Bali. Hanya dengan waktu tempuh 2 jam dari Denpasar. Keunikan dari wisata tirta gangga terletak pada desain arsitektur khas Bali dan perpaduan antara Eropa dan Cina. Taman ini dikelilingi kolam dari mata air alami, yang berlokasi di bawah kaki gunung agung. Memiliki luas area sekitar 1.2 hektar yang memanjang dan membentang dari arah timur ke barat.

Image instagram.com/dr._aleksei_aleksandrov/

Konon katanya, pada jaman dahulu tirta gangga digunakan sebagai tempat peristirahatan yang dibangun oleh Raja Karangasem yaitu anak Agung Ngurah Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1946. Kurang lebih 20 tahun wisata ini didirikan, namun seketika hancur yang disebabkan letusan gunung Agung tahun 1963. Pada saat itu, pemerintah Karangasem kembali membangun dan kembali menjadikan objek wisata hingga saat ini.

Kalau kamu ke sini, akan menemukan tiga hal yakni kebun, kolam air dan patung. Mata air tirta gangga memiliki aliran yang sangat besar, jernih dan menyejukkan. Sebagian air dari mata air ini dikirim ke rumah penduduk di Kota Amlapura dan digunakan untuk mengisi kolam. Mata air tirta gangga dianggap oleh masyarakat sebagai air suci yang dapat memurnikan setiap energi buruk yang berada disekitar wilayah. Banyak yang menggunakan air tersebut dalam upacara keagamaan di daerah sekitar taman.  

Terdapat tiga tingkatan bangunan di tirta gangga yakni, bangunan tertinggi terdapat mata air yang berada di bawah pohon beringin. Kedua terdapat kolam renang dengan level dua, sedangkan bangunan paling bawah terdapat kolam hias dengan air mancur.

Begitu masuk, kamu akan disambut dengan beberapa kolam besar, terdapat sebuah pulau dengan beberapa patung tinggi. Bagi wisatawan yang menuju ke pulau, sudah tersedia dua jembatan penghubung. Terdapat air mancur 11 tingkat serta air mancur lainnya. Semua tertata rapi sehingga sangat menawan.

Image instagram.com/chris.air.photography/

Pada saat memasuki taman ini hal pertama yang kamu lakukan adalah melihat hamparan kolam ikan, yang di tengah terdapat patung prajurit yang memegang gada dan ada beberapa tempat pijakan kaki yang tersusun rapi sebagai tempat berjalan di atas kolam tersebut. Selain itu, terdapat Menara air yang terlihat seperti kuncup bunga teratai ditengah taman kecil yang berbentuk bundar dikelilingi patung-patung prajurit yang memegang gada.

Bagi yang ingin merasakan kesejukan air di tempat ini, jangan sedih karena tirta gangga sudah menyediakan kolam renang. Airnya sangat bening dan jernih. Udara yang sejuk dapat membuat kamu relax dan rasa berbeda dengan berenang di kolam buatan lainnya.

Harga Tiket Masuk

Sebelum masuk ke taman tirta gangga, kamu harus membayar uang masuk sebesar Rp 15.000 / orang. Jika kamu ingin berenang, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 6.000 / orang.

Adapun fasilitasnya, pengelola telah mempersiapkan beberapa fasilitas seperti areal parkir yang cukup luas, penginapan disekitar taman, restoran atau warung makan, jasa pemandu wisata dan lainnya.

Kalau kamu ke sini dijamin tidak akan rugi, karena keindahan alamnya tidak diragukan lagi. Sangat indah dan sejuk. Setelah pulang dari sini kamu akan relex dan lebih semangat menjalani rutinitas sehari-hari.

Share:

Leave a Reply

TOP

X